Lukisan yang Ditoreh dengan Mata Batin [Amazing]

1305061853937263621 [Amazing] Lukisan yang Ditoreh dengan Mata Batin


Lukisan ini menggambarkan kondisi dunia pendidikan Indonesia saat ini dimana siswa tidak memiliki hak untuk menikmati pembelajaran dengan kreatif dan menyenangkan. Bowo memandang hal ini sebagai ' horror ' karena di sekolah siswa hanya dijejali materi pelajaran secara berlebihan tanpa bisa menolak, begitu pula di rumah orangtua tidak mau tahu akan kesulitan si anak dan justru menambah bebannya lagi dengan memaksa mengikuti les bimbel dan lainnya. Bowo memvisualisasikannya dengan dua buah kuburan yang tertulis ' HAK SISWA ' di batu nisannya.
Para murid yang penurut berduyun-duyun dikerahkan bagai aliran air nan deras, mengikuti instruksi pembuat kebijakan untuk belajar mati-matian agar menjadi anak pandai. Perjalanan mereka bermuara di mulut gua nan gelap gulita sebagai simbol pelaksanaan UAN yang ternyata telah menjerat mereka dan para guru sendiri untuk melakukan manipulasi berjamaah.
Sementara itu murid-murid yang tertekan dan tidak bisa mengendalikan diri akhirnya menjadi brutal dengan sering terlibat tawuran dan kriminal. Digambarkan dengan tangan-tangan yang terjulur dari balik jeruji penjara.
:terjunpayung:

Tidak ada komentar: