Wahana.Dawn.Dekati.Asteroid.Vesta

1905379620X310 Wahana Dawn Dekati Asteroid Vesta
NASA
Ilustrasi wahana Dawn.

KOMPAS.com — Setelah 3,5 tahun menempuh perjalanan antarplanet, wahana antariksa tak berawak, Dawn, mulai mendekati tujuan pertamanya, asteroid Vesta. Wahana ini direncanakan akan mengakhiri perjalanan ke obyek tata surya di sabuk asteroid lain, yaitu planet katai Ceres pada tahun 2015.
Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada 3 Mei lalu mengumumkan, wahana antariksa Dawn, yang diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara AS, Cape Canaveral, di Florida pada 27 September 2007, mulai mendekati Vesta. Kini, Dawn hanya berjarak 1,21 juta kilometer dari Vesta dan telah menempuh perjalanan 4,8 miliar kiometer dari Bumi.
Misi utama wahana ini adalah mengumpulkan informasi dua obyek pada sabuk asteroid, yaitu Vesta dan Ceres. Sabuk asteroid adalah daerah yang kaya akan asteroid di antara Planet Mars dan Yupiter.
Jika semua rencana berlangsung baik, mesin pendorong wahana akan dihidupkan untuk memasuki orbit Vesta pada 16 Juli nanti. Saat Dawn mencapai ketinggian 16.000 km dari permukaan Vesta, wahana ini akan tertangkap oleh gravitasi Vesta.
Dawn akan mengorbit Vesta sekitar satu tahun. Sejumlah instrumen dalam wahana akan mengumpulkan berbagai data asteroid ini, mulai dari komposisi kimianya, bentuk topografi dan tekstur permukaan, hingga gaya gravitasinya. (M Zaid Wahyudi)
Artikel selengkapnya dimuat di rubrik Humaniora Kompas Cetak, Rabu (11/5/2011).
Sumber :
Kompas Cetak

Tidak ada komentar: